Tips dan Trik untuk Lebih Cepat Belajar Pemrograman

Salah satu pertanyaan umum dan mendasar di kalangan siswa atau seseorang yang ingin belajar kode adalah “Bagaimana saya bisa belajar kode dengan cepat dan berkarir sebagai programmer?” Entah itu datang dari seorang pelajar, pekerja baru atau orang yang berpengalaman mencoba untuk beralih pekerjaan dalam pemrograman.

Ada begitu banyak sumber daya online dan offline yang tersedia untuk belajar coding dengan mudah, cepat, dan efektif. Kami akan membahas beberapa tips untuk belajar pemrograman secara efektif dan tentunya  cepat.

Pahami Konsep Dasar

Kesalahan umum yang sering dilakukan siswa atau pemula saat belajar pemrograman adalah melewatkan konsep dasar  atau bab 1 dan langsung melompat ke bab berikutnya. 

Untuk memahami konsep pemrograman tingkat lanjut, kita harus khatam konsep dasarnya.  Kalau tidak, kita akan sering mengulang kesalahan, dan kebingungan di beberapa langkah. 

Dasar yang dimaksud  adalah Struktur Data, variabel, struktur kontrol, sintaks, alat, atau editor teks. Ketika kita mulai melakukan pemrograman, pilih satu bahasa pemrograman, patuhi itu, dan bersihkan semua dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu sebelum naik ke level berikutnya. 

Dijamin, kita pasti bisa lebih cepat belajar coding dengan cara ini. 

2. Learning by Doing, Rajin Berlatih, Jangan Cuma Membaca 

Kesalahan umum yang dilakukan pemula saat belajar pemrograman adalah hanya membaca buku atau melihat kode contoh di desktop  tanpa mempraktikkannya. Sangat mudah untuk membaca tentang loop, variabel, dan mendapatkan semua hal di kepala kita, tetapi bukan begitu cara verja pemrograman. 

Kita harus rajin berlatih, dan kerepotan saat menghadapi masalah. Saat itulah kita akan menghadapi pelajaran sesungguhnya dan mempraktikkan apa yang tertulis di buku.

3. Ketiklah Kode dengan Tangan

Ketika  memulai pemrograman sebagai pemula, kita akan berpikir kenapa harus repot mengetik kode sendiri. Kenapa tidak copas saja?

Salah satu alasan terbesarnya adalah, saat diwawancara nutuk pekerjaan koding, kita akan diminta untuk menulis kode menggunakan pena dan kertas atau  mungkin harus menggunakan papan tulis. Pengkodean dengan tangan adalah teknik kuno tetapi sebenarnya melibatkan tes untuk kemahiran seorang programmer. 

Pengkodean dengan tangan dapat memberi pemahaman yang jelas tentang sintaks dan algoritme, kita jadi membuat koneksi yang lebih dalam di otak. Belajar pemrograman dengan cara ini akan membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat nantinya.

4. Bagikan, Ajarkan, Diskusikan, dan (Jangan Ragu) Minta Bantuan

Salah satu cara terbaik untuk memahami pemrograman dengan mudah dan cepat adalah mengajar. 

Mengajar seseorang, berbagi ilmu, berdiskusi dengan programmer lain akan membuat kita menjadi programmer yang lebih baik dengan cepat. Karena saat mengajar orang lain, sama artinya dengan mengajar untuk diri sendiri. Jika kita mampu mengajar seseorang itu berarti kita benar-benar memahami konsepnya. Ini adalah kebiasaan terbaik untuk mempelajari sesuatu secara mendalam.

Kita juga bisa ikutan dalam proyek-proyek open source. Berdiskusi tentang kode kita dengan rekan-rekan, bahkan berkontribusi di Github. 

Yang penting juga, saat belajar pemrograman jangan ragu untuk meminta bantuan. Kadang pemula melakukan kesalahan dan merasa malu ketika harus meminta bantuan. Kebiasaan ini perlu ditinggalkan. 

Ingat, nggak masalah jika kita mengajukan pertanyaan konyol dan terlihat bodoh. Malah, saat kita nggak bertanya, kita akan menemui banyak  kesulitan dalam pengkodean. Jadi ada baiknya mencari mentor atau meminta bantuan sesama programmer untuk memahami konsep dengan mudah dan cepat. Mentor atau profesional Anda dapat membimbing kita lebih baik karena mereka punya pengalaman, dan sempat menghadapi masalah seperti kita sebelumnya.