Sekolah Aman di Masa Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 memang belum berakhir, namun siswa tetap harus pergi ke sekolah untuk mempelajari banyak hal setelah lama belajar di rumah. 

Agar anak-anak kita aman di Sekolah, perhatikan beberapa langkah-langkah di bawah ini:

Vaksin covid-19

Semua orang dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun yang saat ini memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 harus sudah mendapatkan imunisasi lengkap. 

Masker

Semua orang tahun harus memakai masker wajah yang menutupi hidung dan mulut. Ini adalah alat sederhana yang terbukti untuk melindungi siswa yang belum mendapatkan vaksin.

Pastikan masker digunakan dengan benar dan konsisten. Karena konsistens dibutuhkan untuk menjaga keamanan anak-anak dari virus COVID-19. 

Jarak fisik

Siswa harus tetap berjarak setidaknya 1-2 meter di dalam ruang kelas jika memungkinkan.  

Jika memungkinkan, sekolah menggunakan ruang terbuka. Kegiatan seperti menyanyi, band dan berolahraga, misalnya, paling aman di lakukan di luar ruangan dan dengan jarak yang berjauhan.

Rutinitas kelas

Untuk membantu membatasi interaksi siswa di luar kelas, sekolah harus mempertimbangkan:

-Membiarkan pintu kelas terbuka untuk membantu mengurangi permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu.

-Bila cuaca dan kualitas udara memungkinkan, buka jendela dan pintu untuk meningkatkan sirkulasi udara. Kipas angin yang ditempatkan secara strategis, meningkatkan sirkulasi di dalam ruangan.

Pemeriksaan suhu

Ini penting dilakukan untuk memantau kesehatan siswa dan membiarkan mereka di rumah jika mereka mengalami demam di atas 37,3 derajat celsius.