Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM

by Junior Eka Putro

Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM

STEM – Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika – adalah bidang yang membantu anak-anak mempelajari cara memprogram, membuat kode, dan memahami perangkat teknologi. Ternyata, STEM tidak hanya membantu anak yang ingin mempelajari teknologi saja. STEM punya banyak manfaat, dan berikut beberapa alasan mengapa pendidikan STEM untuk anak-anak harus menjadi yang terdepan dalam proses pembelajaran.

 

Lulusan STEM dibutuhkan

Fokus pembangunan Indonesia 6 tahun terakhir di sektor infrastruktur telah membuat kebutuhan tenaga ahli di bidang sains dan teknologi meningkat. Namun sayangnya republik ini kekurangan tenaga ahli yang kompeten di bidang tersebut.

 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) menyatakan bahwa di tahun 2019 lalu Indonesia kekurangan 190.997 lulusan sarjana teknik S-1 dan D3. 

 

Tren di dunia memperlihatkan bahwa permintaan untuk pekerjaan STEM meningkat tiga kali lipat antara tahun 2000 dan 2010, dan terus tumbuh ( https://ssec.si.edu/stem-imperative) dengan banyak bidang dan profesi baru bermunculan setiap hari. Hal ini sudah diramalkan oleh National Science Foundation (NSF). Dalam studi yang dilakukan pada 2011, NSF menyatakan dalam satu dekade mendatang 80 persen pekerjaan memerlukan kompetensi STEM.

Dengan kemajuan kecerdasan buatan, jutaan pekerjaan di area teknologi sekarang kosong. Dan pekerjaan-pekerjaan tersebut memerlukan kompetensi STEM. Jadi jelas, STEM adalah kunci karir masa depan dan membutuhkan lebih banyak peserta. 

 

Yang harus dicatat bahwa ada lebih banyak profesi terkait teknologi daripada hanya ilmu komputer dan penambangan data. Dalam pasar tenaga kerja yang kompetitif ini, orang-orang yang mengetahui matematika dan sains memiliki peluang kerja yang lebih baik – misalnya, pengetahuan dan keahlian ini diperlukan  untuk memenangkan posisi TI di Silicon Valley. Itulah mengapa kita tidak boleh meremehkan matematika atau sains dan hanya fokus pada teknologi atau teknik. Kita perlu mempelajari semua bidang STEM bersama dan melihatnya sama penting.

 

STEM penting untuk mempersiapkan anak berkuliah dan khususnya berkarir di pekerjaan STEM

 

Penelitian menunjukkan statistik yang mengerikan – 78% lulusan sekolah menengah telah terbukti tidak siap untuk pelajaran di perguruan tinggi. Termasuk pelajaran matematika, sains, dan bahasa Inggris.

 

Pendidikan STEM yang lebih baik sebelum tingkat perguruan tinggi akan mendorong siswa untuk mengejar karir di bidang STEM. Selain itu, mereka akan lebih yakin tentang studi yang diambil. Dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk putus sekolah.

 

Perlu diingat, bahwa ada beberapa pekerjaan STEM  yang tidak membutuhkan gelar sarjana, seperti teknisi farmasi, asisten dokter hewan, spesialis dukungan komputer, perawat terdaftar, pengontrol lalu lintas udara, dll. Fokusnya tidak hanya pada siswa yang berencana untuk mendapatkan gelar Sarjana di STEM. Ini harus berlaku untuk semua siswa yang tertarik dengan STEM dan mungkin mengejar karir di dalamnya.

 

STEM juga penting untuk pekerjaan non-STEM

Perlu kita tahu bahwa STEM itu bukan sekadar subjeknya yang dianggap penting. Mempelajarinya tidak berarti seseorang akan berakhir dalam profesi terkait STEM.

Pengetahuan ilmiah, teknologi, dan matematika merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dengan beberapa profesi di dunia saat ini. Semisal jurnalisme, kurator museum, dan penjangkauan komunitas. Selain itu, pendekatan STEM cukup unik dalam pedagogi. Dengan mempelajari STEM, anak belajar segala sesuatu yang relevan dan kontekstual dengan kehidupan sehari-hari. 

Kenyataannya, tidak ada masalah dalam hidup yang hanya diselesaikan dengan pendekatan dari 1 mata pelajaran saja. Misalnya, setiap pekerjaan memiliki aspek finansial. Pendidikan matematika yang baik dapat membantu dalam hal ini. Apalagi, kita hidup di era yang makin digital. Dan teknologi penting dalam semua pekerjaan. Bahkan jika kita menyukai humaniora dan seni, keterampilan komputer adalah sesuatu yang harus diketahui.

 

STEM sangat penting untuk memahami dasar-dasar lingkungan

Sebenarnya STEM tidak hanya dibutuhkan dalam pekerjaan. Begitu banyak pengetahuan yang berhubungan dengan kumpulan ilmu satu ini. Semisal, saat belajar tentang lingkungan dan masyarakat. Kita bisa menggunakan STEM untuk mempermudah mengenali fenomena yang terjadi. Tentunya lewat statistik. STEM amat membantu kita mengenali perubahan cuaca, teknologi, hingga politik.

 

Jadi, pendidikan STEM yang baik tidak hanya penting untuk meraih gelar Ph.D. STEM amat penting bagi semua orang yang ingin memahami dunia tempat mereka tinggal.

 

Tujuan utama STEM adalah membuat semua orang melek matematis dan teknologi. Guru tidak boleh hanya berfokus pada mereka yang memiliki prospek untuk “sukses” di bidang STEM dan yang berbakat. Karena pada dasarnya, semua membutuhkan STEM.

 

STEM memicu kreativitas

Mempelajari pelajaran terkait STEM dapat memperluas cakrawala pikiran. Jika kita belajar berpikir secara ilmiah, pasti akan mempelajari teknik trial and error. Kunci dari pelajaran ini adalah memecahkan masalah secara kreatif, mempertanyakan berbagai hal, mencari kebenaran, dan selalu bersemangat untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang cara kerja sesuatu. Anak-anak harus mempelajari hal-hal ini. Itu sebabnya anak-anak harus mempelajari sains dan cara berpikirnya.

 

Untuk menjadi ilmuwan yang baik, kita harus kreatif dan imajinatif. Sementara seni dan imajinasi sering dikesampingkan sebagai hal yang tidak penting bagi anak-anak. Adalah hal yang luar biasa untuk mengetahui bahwa dengan mempelajari STEM, seorang anak juga mempraktikkan aspek-aspek pemikiran ini. Selain tentu saja mempelajari seni problem solving dalam tantangan yang dihadapinya.

 

Oleh sebab itu, pendidikan STEM yang baik tidak boleh membosankan. Juga sebaiknya tidak hanya berfokus pada fakta murni matematika atau sains. Ini harus multidisiplin, menggabungkan keterampilan lain dan diarahkan untuk semua anak, sehingga mereka dapat belajar dan menikmatinya. 

 

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X