Ini Dia, Pekerjaan yang Bisa Dipilih di Tahun 2030

by junior Eka Putro

Ini Dia, Pekerjaan yang Bisa Dipilih di Tahun 2030

Canadian Scholarship Trust Foundation, yayasan penyedia Rencana Tabungan Pendidikan Terdaftar (RESP) terbesar dan tertua di Kanada, membuat sebuah daftar jenis pekerjaan yang akan muncul di tahun 2030.Beberapa adalah pengembangan dari profesi yang ada sekarang. Namun, beberapa lainnya justru tidak terbayangkan akan muncul beberapa tahun yang lalu.

Berikut, beberapa profesi menarik yang sepertinya akan muncul 10 tahun dari sekarang. Yuk kita intip sama-sama!

 

 

Organic Voltaics Engineer

 

Bagi kebanyakan orang, kata “organik” dekat dengan sesuatu yang alami dan menyehatkan. Namun, jika kita urutkan lagi ke istilah kimia, “organik” berarti setiap molekul yang mengandung atom karbon – termasuk beberapa bahan kimia yang tidak boleh dimakan, dihirup atau digosokkan pada kulit kita. Nah, pekerjaan seorang Insinyur Volta Organik ternyata dekat dengan dua definisi di atas.

 

Fokus pekerjaannya adalah menciptakan dan meningkatkan efisiensi energi dan sumber cahaya menggunakan kekuatan dan sumber daya alam yang tidak beracun, dengan cara yang menyehatkan dan terbarukan.

 

Tanggung jawabnya meliputi penemuan solusi hemat energi yang “sesuai” dengan konsumsi energi yang kita gunakan setiap hari. Misalnya, bekerja sama dengan produsen penerangan untuk merancang bola lampu yang hemat energi, namun harganya terjangkau. Pas dengan perlengkapan lampu rumah tangga biasa, memberikan penerangan yang nyaman dan menghilangkan bahan beracun seperti merkuri.

 

 

Furniture Refurbishing Technician

 

Teknisi Peremajaan Mebel menerima pengiriman perabot yang akan direnovasi, mengunduh dan meninjau spesifikasi perbaikan dan mengawasi jalur perakitan yang dijalankan oleh sekelompok roboteknisi Peremajaan Furnitur juga terlatih untuk memecahkan masalah yang tidak terduga selama pelaksanaan proyek (termasuk, bila diperlukan, menggunakan teknologi video di tempat untuk segera berkonsultasi dengan pelanggan atau desainer interior dan menyetujui solusi), menjaga kendali mutu dan melakukan perawatan kecil di tim robot yang digunakan.

 

Teknisi Peremajaan Furnitur juga akan bekerja dengan Spesialis Desain Daur Ulang untuk menemukan mekanisme praktis memperbarui fitur pencahayaan lama atau menambahkan fitur pencahayaan ramah lingkungan pada bagian furniture, dan menggabungkan perangkat tambahan baru. Semisal, pemanasan terintegrasi dan teknologi komunikasi ke dalam furniture yang diperbaiki.

 

Robot Counsellor

 

Pada tahun 2030, penggunaan robot untuk membantu pekerjaan rumah akan jadi hal biasa Toh, harganya tetap mahal. Diperkirakan, model kelas atas harganya sama dengan harga mobil ekonomis saat ini. Jadi pemilik baru robot rumah tangga serba guna akan membutuhkan panduan dalam memilih unit yang tepat untuk rumah mereka.

 

Teknologi robot telah mengubah kehidupan rumah tangga, berkat investasi besar dari perusahaan seperti Google. Beberapa robot bisa mengerjakan pekerjaan manusia, bisa mengemudi atau memasak. Yang lain melakukan tugas yang lebih rutin, seperti menyapu, menyedot debu, atau melakukan perawatan dasar hewan peliharaan.

 

Untuk kasus di mana robot dibawa untuk membantu anggota keluarga lanjut usia dalam kehidupan sehari-hari, konselor robot akan menjadi sumber yang bagus untuk memilih bot yang tepat untuk keluarga. Konselor juga mengamati bagaimana keluarga berinteraksi dan mengidentifikasi kebutuhan dan gaya hidup mereka sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang bijak tentang jenis robot yang akan mereka butuhkan.

 

Jika robot tidak cocok, atau jika konflik keluarga muncul karena robot rumah baru, konselor robot siap memberikan opsi yang lebih baik dan layanan pelanggan yang berkelanjutan.

 

Digital Memorialist

 

Orang bisa mati, tapi data tidak. Mengumpulkan dan mengelola warisan digital bukanlah tugas yang mudah. Digital memorialist bekerja dengan ahli waris, untuk menentukan aspek mana dari identitas online orang yang telah meninggal yang harus dipertahankan.

 

Digital Memorialist akan mengedit momen yang tidak diinginkan ini dalam warisan online seseorang. Mereka akan mencoba menyusun semua data ini — situs web, obrolan, email, utas pesan, dan pembaruan media sosial — menjadi potret yang penuh hormat namun akurat tentang orang yang meninggal, sehingga gambaran almarhum yang sebenarnya tetap hidup.

 

 

Ecosystem Auditor

 

Auditor ekosistem membantu pemerintah dengan membangun pemahaman gambaran besar tentang bagaimana komunitas manusia memengaruhi ekosistem lokal mereka. Setiap auditor ekosistem mengetahui betapa berharganya ekosistem lokal, apa kelemahannya, dan bagaimana kota atau bisnis dapat berdampak padanya. Misalnya, mereka dapat memberi tahu perencana kota cara terbaik untuk membersihkan air, yang bisa melalui instalasi pengolahan air, atau dengan menyaring limbah ke lahan basah yang juga dapat menjadi pupuk yang berharga. Tugas auditor ekosistem adalah memahami ekosistem lokal dan memastikan bahwa ekosistem tersebut tidak dibebani oleh tuntutan manusia. Mereka perlu mengembangkan standar dan pedoman bagi para perencana dan publik sehingga setiap orang dapat bekerja sesuai perencanaan lingkungan yang jelas.

 

 

Urban Farmer

 

Untuk mendekatkan manusia dengan makanan yang mereka makan, orang-orang mencoba membawa pertanian ke kota. Namun, karena kota padat dan kekurangan ruang, tidak ada ruang untuk pertanian tradisional. Pertanian rumah kaca perkotaan menawarkan satu solusi potensial, dengan membangun proyek pertanian besar di gedung-gedung bertingkat. Daripada menyebar, seperti yang dilakukan pertanian tradisional, pertanian rumah kaca perkotaan dibangun dalam struktur yang disebut pertanian vertikal. Petani rumah kaca perkotaan akan sangat sadar akan dampak lingkungan dari pertanian, dan akan berusaha untuk mengurangi penggunaan energi mereka sebanyak mungkin. Karena pertanian vertikal terletak di kota, mereka akan menjadi pemain penting dalam memberi makan masyarakat lokal.

 

Seorang petani perkotaan perlu menyesuaikan kebutuhan berbagai tanaman yang ditanam di tempat yang padat. Aspek teknis dari profesi ini meliputi pengetahuan tentang tenaga surya dan desain pencahayaan, serta sistem pengairan. Seorang petani vertikal harus bersedia mendedikasikan bertahun-tahun untuk mempelajari dan menyempurnakan kerajinan berkebun rumah kaca di bangunan bertingkat tinggi.

 

Media Remixer

 

DJ (disc jockey) dibutuhkan untuk membantu kita  menemukan dan mendengarkan musik sementara VJ (joki video) biasa menyajikan video musik. Pada tahun 2030, peran ini memberi ruang bagi remixer media yang mencampur dan menggabungkan berbagai media dari waktu ke waktu untuk menciptakan produk atau pengalaman yang unik. Media yang digunakan dalam produk ini menggabungkan materi video, audio, gambar, dan augmented reality untuk membuat kampanye pemasaran, alat pendidikan, montase pernikahan, hiburan, dan pengalaman unik seperti seni instalasi atau petualangan bersantap yang unik.

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X