Ini Dia, Buku Koding Terbaik untuk Pemula!

by Junior Eka Putro

Ini Dia, Buku Koding Terbaik untuk Pemula!

Saat mencari buku terbaik untuk belajar programming, satu pertanyaan yang harus diajukan adalah: Apa yang sedang dibaca programmer hari ini? 

 

Barisan buku ini merupakan pilihan berbagai instruktur dan mentor  yang dibeli melalui situs buku terlaris Amazon di kategori programming. Beberapa didapat atas rekomendasi dari blog pengkodean populer. 

 

Nah, tunggu apa lagi? Fasten your seatbelt and enjoy the ride!

 

 

JavaScript for Kids: A Playful Introduction to Programming (Nick Morgan)

 

Judulnya memang untuk anak-anak, tapi buku ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mulai mempelajari cara membuat kode. Buku ini sama sekali tidak merendahkan pembacanya, jadi berapa pun usiamu, kalau kebetulan kamu mencari pengantar JavaScript yang santai dan menyenangkan, buku ini cocok!

 

Pelajari dasar-dasarnya dan mulai proyek yang menarik, sambil disertai dengan visual yang menyenangkan dan penjelasan sederhana.

 

Code: The Hidden Language of Computer Hardware and Software (Charles Petzold)

 

Petzold adalah salah satu dari penggagas Microsoft’s Seven Windows dan telah menulis tentang pemrograman sejak 1984. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2000, bukunya tentang kode adalah favorit abadi di dunia pengkodean.

 

Penjelasan sangat menarik, kita dapat mengetahui tentang bagaimana pemrograman dan kode dibangun dalam kehidupan sehari-hari.

 

 Petzold menjelaskan bahasa coding dan assembly untuk audiens umum menggunakan konsep yang sudah dikenal seperti kode Braille dan Morse. Lebih baik lagi, buku itu diilustrasikan, membantu bahkan mereka yang tidak menganggap dirinya paham kode untuk mengikuti semuanya.

 

 

Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship (Robert C. Martin)

 

Pada dasarnya, peretasan hanyalah seni pemecahan masalah. Terkadang masalah membutuhkan solusi yang tidak konvensional, dan terkadang solusi tersebut melibatkan eksploitasi lubang dalam pemrograman orang lain. 

 

Pembaca dapat memperoleh gambaran umum tentang dunia buku pemrograman komputer terbaik dari sudut pandang peretas, termasuk teknik seperti membajak komunikasi jaringan dan mengeksploitasi kelemahan dalam kriptografi. Menggunakan diagram yang disertakan dan teks yang mudah diikuti, pembaca dapat mencoba berbagai teknik peretasan yang ada.

 

The Pragmatic Programmer: From Journeyman to Master (Andrew Hunt dan David Thomas)

 

Awalnya dirilis pada tahun 1999, buku ini selalu menjadi buku terlaris di kalangan programmer. Buku ini juga dipilih untuk dibaca di kursus dan universitas. 

 

Meski sudah berumur, materinya tetap segar dengan merangkai cerita pendek dan anekdot karena memberikan saran berharga bagi pengembang perangkat lunak. Saat dirilis, buku ini juga membantu mempopulerkan sejumlah istilah dan ungkapan pengkodean. 

 

Edisi baru – The Pragmatic Programmer: your journey to mastery dilengkapi dengan perombakan ekstensif pada materi sumber. Jika aslinya bagus, ini lebih baik. Tidak hanya diperbarui untuk mencerminkan realitas teknologi baru – sekitar sepertiga dari buku ini adalah informasi yang sepenuhnya baru – tetapi teks lainnya telah diedit untuk kejelasan.

 

 

The Self-Taught Programmer: The Definitive Guide to Programming Professionally (Cory Althoff)

 

Althoff adalah seorang programmer otodidak yang mengambil pekerjaan di eBay, hanya untuk menemukan bahwa masih banyak yang harus dipelajari untuk menjadi programmer profesional. Buku ini adalah salah satu buku pemrograman terbaik untuk pemula yang belajar program, tetapi lebih dari itu, semua pemrogram otodidak harus mengembangkan dan mengasah keterampilan mereka ke tingkat profesional. 

 

Topik meliputi pemrograman komputer berorientasi objek untuk pemula, menggunakan pengkodean untuk membangun pengikis web, dasar-dasar arsitektur dan algoritme komputer, dan praktik pengkodean untuk pengembangan perangkat lunak.

 

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X