Freepik foto

Ini Bedanya CV dan Resume

by Junior Eka Putro

Ini Bedanya CV dan Resume

Saat lagi mulai cari kerja, kadang kita diminta untuk mengirimkan CV atau resume oleh HRD sebuah perusahaan. Dua istilah ini sering dianggap sama. Padahal, ada bedanya!

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) resume merupakan sebuah ringkasan. Dalam dunia kerja, resume adalah sebuah dokumen yang di dalamnya berisikan rangkuman dari pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang yang ditulis tidak lebih dari dua halaman.

 

Data-data dalam resume harus disusun dengan teratur dan rapi agar mampu menarik perhatian pembacanya. Adapun tujuannya adalah sebagai informasi tentang kualifikasi seseorang secara ringkas, padat, dan jelas. Harus dibuat sedemikian rupa, agar tidak sulit dipahami oleh pembaca, dalam hal ini adalah perusahaan tempatmu melamar pekerjaan.

 

Lantas, apa itu CV?

 

Curriculum Vitae (CV) biasa disebut dengan daftar riwayat hidup atau “cerita kehidupan”. Merupakan sebuah dokumen yang menerangkan kamu sebagai pelamar kerja secara rinci.

Karena CV adalah cerita kehidupan, maka apa-apa yang tergambar di dalam CV haruslah berisikan gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi, dan prestasi yang pernah diraih. Baik itu akademis ataupun prestasi yang terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar nanti.

 

Selain itu, di dalam CV juga harus diisi dengan informasi pribadi, seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, beserta foto. Kita juga bisa mencantumkan pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, hingga pengalaman profesi, serta riwayat Pendidikan

 

Pada umumnya CV ditulis dalam bentuk kronologi, inilah yang membedakannya dengan resume, karena isinya yang lebih mendalam mengenai perjalanan hidup dan karier yang pernah ditempuh. Semua informasi harus disusun secara benar, sehingga rekruiter dapat memahami CV  kita  secara menyeluruh dan memahami perjalanan hidupmu sebelum memutuskan untuk melakukan perekrutan.

 

Sudah tahu kan bedanya?

 

Intinya, resume bersifat lebih fleksibel dibanding CV yang saklek. Karena, CV itu murni berisikan riwayat kehidupan, sedangkan resume isinya dapat disesuaikan dengan lowongan kerja yang akan dilamar dan tujuannya mengiklankan diri dan kemampuan yang kita punya.

 

Sudah jelas, kan? Sekarang, ayo siapkan CV dan resume kita!

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X