Bisa Langsung Dicoba, Permainan Origami untuk Mulai Mempelajari Algoritma

Mau mulai mengenalkan anak dengan coding tanpa komputer? Coba deh lakukan permainan origami berikut ini. 

Dalam permainan ini, biarkan si kecil mengajari kita cara membuat origami sederhana dengan memberi kita petunjuk khusus untuk menyelesaikan tugas. 

 

Caranya, si kecil dan kita harus duduk saling bersandar (punggung menghadap punggung). Karena tidak saling menatap, si kecil harus memberikan instruksi yang spesifik dan mendetail, agar kita dapat membuat origami dengan benar.

 

Sambil bermain, jelaskan pada anak bahwa sangat penting untuk menjelaskan instruksi langkah demi langkah tanpa harus memperlihatkan visual. Sama seperti saat memberi instruksi pada komputer, mesin tersebut tidak memiliki gambaran tentang program akhir yang seharusnya terlihat. Mereka membutuhkan instruksi yang sangat rinci dan akurat untuk menyelesaikan tugas dengan benar.

 

Jenis origami apa yang bisa dipilih untuk permainan ini?

 

Kami sudah memilihkan origami yang sangat sederhana yang langkah-langkahnya bisa diberikan secara wajar tanpa kita harus mengintip. Apalagi kalau bukan membuat wajah anjing sederhana!

Berikut langkah demi langkah proses pembuatannya.

KUNCI untuk aktivitas algoritma ini adalah si kecil yang jadi  ‘pembuat kode’ origami kita perlu menjelaskan algoritma TANPA kita  melihat petunjuk visualnya. 

  • Duduk bersandar dengan anak. Mungkin akan membantu jika memiliki meja kecil untuk mengerjakan kegiatan origami. 
  • Setiap orang mulai dengan selembar kertas persegi yang tidak dilipat
  • Mintalah pada si kecil mengajari kita cara membuat kreasi origami sederhana ini dengan menjelaskan instruksinya kepada Anda. 
  • Mereka akan menggunakan lembar instruksi origami di bawah ini untuk membuat origami, tetapi kita tidak akan melihat petunjuknya saat mereka menjelaskannya!

 

  • Bandingkan kreasi! Ketika, sudah selesai berbaliklah dan lihat apakah Anda sudah benar!

 

Dengan tidak dapat MENUNJUKKAN petunjuknya, ‘pembuat kode origami’ kecil kita akan belajar betapa menantang algoritma untuk komputer! Komputer tidak memiliki mata untuk melihat. Mereka perlu diberikan instruksi yang SANGAT SPESIFIK dan tepat dengan banyak detail. Jika komputer tidak diberi instruksi yang benar, hasil akhirnya bisa menjadi sangat salah!

Jika si kecil memberi beberapa petunjuk yang kurang tepat, ikuti petunjuk tersebut dalam desain origami kita. Kemudian saat membandingkan di bagian akhir, kita mungkin akan mencatat beberapa kesalahan yang cukup lucu! 

Tidak apa-apa, kesalahan adalah bagian dari pemrograman. Sekarang kita hanya perlu men-debug kesalahan kita. Cari tahu di mana kesalahannya dan bagaimana kita dapat memperbaikinya dengan lebih baik untuk masa depan.