Berkenalan dengan Pendidikan STEAM

by junior Eka Putro

Berkenalan dengan Pendidikan STEAM

STEAM adalah kependekan dari Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics. Sebuah cara  mendorong dan membantu siswa untuk mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan di berbagai disiplin ilmu serta memfasilitasi mereka untuk berpikir dengan cara yang lebih terhubung dan menyeluruh.

 

Pendidikan yang berfokus pada STEAM mengintegrasikan aspek-aspek ini pelajaran hands on dan minds on, dan jadi sansat efektif karena bisa sangat melibatkan siswa. Kurikulum berbasis STEAM memberi kesempatan anak-anak untuk mengeksplorasi konsep, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menurut Georgetown Public Policy Institute, STEAM adalah salah satu bidang dengan pertumbuhan tercepat di Amerika. Pada tahun 2020, jumlah pekerjaan STEAM diharapkan tumbuh sebesar 26%. di negeri Paman Sam. Menjadikannya pekerjaan dengan jumlah terbesar kedua setelah perawatan kesehatan.

 

STEAM amat tepat ditanamkan sebagai pondasi kokoh pendidikan. Banyak ahli berpendapat, semakin dini seorang anak belajar tentang STEAM, semakin besar kemungkinan mereka mengembangkan minat di kelompok pelajaran ini. Dan semakin besar pula peluang mereka untuk berkarir di bidang STEAM yang saat ini aman menjanjikan.

 

Bahkan, jika mereka akhirnya mengejar karir non-STEAM, itu masih dapat membantu mereka menemukan pemecahan masalah dan maenad komunikator yang  baik.

 

Konsep STEAM ditemukan oleh Georgette Yakman. Seorang peneliti yang sekarang menjadi founder sekaligus CEO Steam edu. Perempuan hebat ini yang

mengemukakan gagasan menambahkan seni ke dalam akronim STEM.

 

Bu Yakman telah melakukan penelitian  sejak tahun 2006, dan berpendapat bahwa  “Sains dan Teknologi, yang diinterpretasikan melalui Teknik dan Seni, semuanya berdasarkan elemen Matematika.” 

 

Menurut Bu Yakman, seni menambahkan sisi-sisi unik dalam STEM. Seni menambahkan “Siapa” dan “mengapa” dalam dimensi “apa” dan “bagaimana” yang coba dibangun oleh STEM

 

Memadukan keduanya akan membuat siswa memiliki gambaran dan logika yang lebih menyeluruh. 

 

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X