Berinvestasi dengan Belajar Coding

by junior Eka Putro

Berinvestasi dengan Belajar Coding

Ekonomi saat ini banyak membutuhkan SDM dengan keterampilan coding guna memenuhi tuntutan industri yang sedang berkembang.

 

Banyak profesi yang dibutuhkan seiring perkembangan industri. Salah satunya adalah programmer atau pembuat coding. Meski terkesan hanya programmer saja yang berkaitan dengan proses coding, sebenarnya ada beberapa profesi yang diharapkan juga memiliki keterampilan membuat code untuk melancarkan pekerjaannya. Desainer grafis dan ahli bahasa bisa jadi contohnya.

 

Profesi dengan keahlian plus coding ini dihargai cukup tinggi di pasar kerja. Di Amerika, desainer grafis, yang keahliannya dapat berkisar dari seni hingga desain web, menghasilkan rata-rata $ 51.640 setahun. Sementara ahli bahasa dapat berasal dari berbagai konsentrasi, ahli bahasa komputasi dapat menghasilkan sekitar $ 91.307 per tahun. Bekerja di salah satu bidang ini dan mampu membuat kode menggunakan JavaScript, Python, atau bahasa pemrograman komputer apa pun adalah langkah besar menuju karier yang aman dan stabil.

 

Perlu diketahui, layaknya bahasa asing, keterampilan coding lebih baik dipelajari sejak dini. Dengan belajar coding, anak-anak akan lancar dalam berpikir dan semakin mudah memecahkan masalah pengkodean, selanjutnya proses transisi ke bahasa pengkodean yang lebih maju relative lebih mudah. 

 

Saat ini, banyak kursus menyenangkan bagi anak-anak yang didesain seperti permainan. Membuat anak-anak bersemangat untuk mengulik hal-hal seru seputar coding.

 

Sebuah studi oleh Google dan Gallup menunjukkan bahwa mengenalkan coding sejak dini adalah salah satu cara efektid untuk dapat mengecilkan kesenjangan gender dalam STEM. Karena coding meningkatkan kepercayaan pada anak-anak, terutama anak perempuan, untuk masuk lebih dalam ke area teknologi.

 

Bukan hanya di teknologi, coding bermanfaat di berbagai bidang. Coding mengajarkan pemecahan masalah, organisasi, matematika, mendongeng, merancang, dan banyak lagi! Keindahan pengkodean adalah bahwa ia berguna dalam aspek kehidupan lainnya, sambil memungkinkan anak-anak mengekspresikan diri secara kreatif.

 

Setelah kita menunjukkan kepada anak-anak apa yang dapat mereka dapat buat dengan kode, mereka akan bersemangat untuk memulai sendiri. Pengodean memungkinkan anak-anak melakukan apa saja mulai dari menulis cerita dan membuat video game hingga membuat mod Minecraft dan merancang animasi.

 

Kondisi ini akan membawa kita ke sebuah era baru, dimana coding bukan lagi sebuah keahlian khusus.  Saat teknologi terus berkembang dengan kecepatan yang luar biasa, akan ada lompatan besar dalam cara perusahaan perangkat lunak bekerja. Sederhananya, mereka membuat pengkodean lebih mudah, untuk semua orang. Dan semua orang dituntut untuk bisa mengoding sendiri.

 

See.., benar-benar sebuah investasi penting, kan?

 

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X