Belajar Siap Kerja di Bantu Kerja

by Junior Eka Putro

Belajar Siap Kerja di Bantu Kerja

Bantu Kerja adalah platform digital yang membantu lulusan SMA atau SMK belajar kerja melalui daring.

 

 

Hari ini, saat semua perusahaan menuntut pencari kerja di pasar kerja memiliki kompetensi, yang harus dilakukan adalah memberi kesempatan kepada generasi muda, khususnya generasi prakerja untuk melatih kompetensi mereka. Pemerintah sudah memulainya dengan Program Kartu Prakerja. Namun, tetap saja hal itu dirasa belum cukup. Perlu ada wadah bagi generasi muda untuk belajar kerja. Dan, khusus di masa pandemi, jika memungkinkan melalui daring.

 

 

Mari berkenalan dengan Bantu Kerja, platform berbasis web untuk membentuk kesiapan kerja generasi muda Indonesia (usia 14 – 24 tahun) lewat berbagai modul belajar dan projek.

Bantu Kerja bekerjasama dengan mitra industri dan institusi pendidikan untuk bisa memberikan pelatihan soft skill dan technical skill serta pengalaman interaksi langsung dalam konteks dunia kerja.

 

Idenya sederhana. Dengan menjadi bagian dari Bantu Kerja, lulusan SMA/SMK maupun orang-orang yang siap kerja memiliki kesempatan untuk mengakses berbagai modul belajar secara gratis. Berbagai lifeskill, baik berupa skill manajemen, produksi, maupun administrasi, dibagikan dengan cara yang simpel dan gratis. Setelah mengakses modulnya, pendaftar bisa ikut serta “belajar kerja” dengan mengambil proyek yang tersedia. Serunya lagi, setiap proyek menawarkan bayaran sebagai penghargaan.

 

Selain mendapat mengakses modul pelajaran dan mendapatkan penghargaan, peserta juga bisa mendapatkan e-sertifikat dan berinteraksi melalui projek dengan berbagai mitra industri/ korporasi yang berkolaborasi dengan Bantu Kerja.

 

Kenapa Bantu Kerja Ada?

 Ada beberapa alasan kenapa platform ini dimunculkan oleh Matata Edu dan Yayasan Matahati Kita Indonesia:

 

  •     Ekonomi dunia tahun 2025 diprediksi akan 75% berbasis teknologi. Apapun industrinya, kebutuhan talent/ manpower menjadi krusial.
  •     Indonesia mengejar predikat “techno backbone of Asean”, 65% investasi APBN Indonesia sampai 2030 ke sektor e-commerce dan industry 4.0.
  •     Terbatasnya akses industri ke lulusan kejuruan berkualitas karena industri belum link dengan sekolah.
  •     Perbedaan signifikan antara jumlah lulusan SMK dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia.
  •     Terdapat 14.327 SMK di seluruh Indonesia dengan jumlah kelulusan sebanyak 1.673.430 siswa per tahunnya. Kesempatan bagi industri untuk tap-in dan kembangkan talent pool.
  •     Bonus demografis Indonesia: 2030 diprediksi 70% populasi penduduk terdiri dari kelompok usia di bawah 30 tahun, dimana merupakan kelompok usia produktif. Pelaku pengusaha harus dapat eksposur dan engagement ke kelompok usia tersebut sejak dini.

 

Guna ikut serta menyelesaikan permasalahan ini, Bantu Kerja dihadirkan untuk mendukung kompetensi rekan-rekan lulusan SMA/SMK dan generasi siap kerja.

 

Fitur yang Komplet

 

Bantu Kerja disiapkan dengan fitur yang komplet dan mudah diakses. Terdapat berbagai modul dari praktisi yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan. Lantas ada projek nyata dari berbagai industri untuk melatih pengguna menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja. Serta ada juga pemutakhiran profil yang mendukung gambaran kompetensi anggotanya yang bisa digunakan sebagai porto folio.

 

Selain itu ada juga halaman industri, yang dikhususkan bagi mitra Bantu Kerja sebagai wadah yang ditujukan bagi pengguna yang dapat dimanfaatkan untuk; Showcase profil industri,Showcase kegiatan relevan yang dilakukan industri, dan Crowdsourcing; membangun leads/ sales pipeline. 

 

Sebagai sebuah platform yang mengutamakan symbiosis mutualisma, industri juga berkesempatan mendapatkan talenta berkualitas dari platform Bantu Kerja. Yang sudah terbukti memiliki kompetensi dan teruji melalui berbagai proyek yang telah dikerjakannya dalam platform tersebut.

 

Tertarik untuk tahu lebih banyak soal Bantu Kerja? Cek langsung www.bantukerja.com!

 

 

 

 

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X