belajar coding origami

Belajar Coding dengan Origami? Kenapa Tidak!

by Yayasan Matahati Kita

Belajar Coding dengan Origami? Kenapa Tidak!

Origami sudah ada ribuan tahun. Jauh sebelum komputer tercipta. Apa yang menjadikannya salah satu aktivitas belajar coding terbaik untuk anak-anak? Cari tahu di sini!

 

Siapa bilang coding hanya bisa dipelajari dengan menggunakan piranti komputer? Banyak sekali permainan di kehidupan sehari-hari yang bisa digunakan untuk mengenalkan konsep coding bagi anak-anak. Semuanya bisa digunakan untuk mengenalkan konsep Algoritma (algorythm), Urutan (sequences), dan Penguraian (decomposition). 

 

Kalau pertama kali didengar, istilah pengodean di atas memang agak-agak menakutkan. Tapi, sebenarnya istilah-istilah itu merujuk pada ide-ide supersederhana yang sangat mudah dipelajari. Kita bahkan bisa mengajari anak-anak membuat kode dengan berbagai kegiatan rutin, selama kegiatan itu yang berbasis urutan atau langkah.

 

Salah satu cara belajar pengodean yang seru adalah lewat origami. Karena, origami adalah kegiatan yang sangat bergantung pada langkah. Ketepatan dan fokus dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas. Konsep yang persis sama dengan pengodean. Wajar kalau origami cocok dijadikan aktivitas coding unplugged yang sempurna.

 

Hal ini diamini oleh David Perkins , Visiting Assistant Professor of Computer Science di Hamilton. David menggunakan origami sebagai cara mengenalkan siswanya pada coding sederhana. 

 

“Semua siswa mempelajari bahasa pemrograman untuk pertama kalinya, dan origami memiliki bahasa sendiri dengan semua lipatan spesifiknya. Jadi, membuat origami  bisa menjadi pemanasan pikiran untuk siswa saya saat diberi tugas mempelajari kosakata baru untuk pengodean,”ucap Perkins.

 

Lewat origami, kita bisa mengajarkan beberapa konsep dalam pengodean:

 

Algoritma:

Jangan takut saat mendengar istilah ini. Pada dasarnya, algoritma hanyalah barisan langkah yang perlu diambil untuk menyelesaikan sebuah tugas. Dalam origami, hal ini sudah tertata dengan sangat baik. yang harus kita lakukan untuk membantu mengajari anak-anak membuat kode adalah menunjukkan bahwa apa yang mereka lakukan adalah bekerja dengan Algoritma.

 

Urutan:

Setelah ngobrolin Algoritma, kita dapat memberi label Urutan. Urutan bisa dikenalkan dengan memberikan instruksi khusus dalam setiap langkah untuk menyelesaikan tugas. Menariknya, dalam origami, instruksi sudah ditata sedemikian rupa sesuai urutannya.

 

Penguraian:

Ide dekomposisi adalah bekerja mundur kembali ke awal untuk memecah masalah besar menjadi masalah kecil yang dapat diselesaikan dengan lebih mudah. Misalnya, saat kita menunjukkan pada anak sebuah origami berbentuk katak. Anak-anak pasti akan langsung mengagumi buatan kita tersebut.

 

Coba deh berikan kertas, dan langsung minta mereka membuat katak. Dijamin, mereka langsung kebingungan. Karena mereka tidak pernah membayangkan cara membuatnya.

 

Cara ini efektif untuk mengenalkan penguraian. Seorang programmer komputer tidak bisa memperbaiki sesuatu hanya dengan melihat masalah besarnya saja. Mereka harus mengurai masalah, menjadi bagian-bagian terkecil. Begitu menemukan problem, mereka akan menyelesaikannya dengan membuat solusi di bagian yang diurai itu.

 

Masalah besar pada anak pada kasus di atas adalah “Bagaimana cara membuat origami katak”? Kita bisa membantunya dengan memecah menjadi masalah yang lebih kecil. Misalnya “Apa yang harus dilakukan untuk memulai prosesnya?” atau “Dimana ya kita bisa mendapatkan panduan cara membuatnya?” Kalau sudah masuk ke dekomposisi, tidak ada cara yang salah untuk ditempuh.

 

***

See…, tidak sulit kan mengenalkan pengodean pada anak? Kami masih punya beberapa artikel menarik seputar cara mengajarkan pengodean lewat origami. Simak terus artikel menarik yang ada di website kami yayasanmatahati.org. Kami sediakan spesial untuk Anda!

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X