Aplikasi Seru untuk Belajar Koding bagi Anak-anak

Saat ini, ada beberapa aplikasi seru untuk membantu anak belajar bahasa pemrograman. Aplikasi ini berguna untuk melatih anak-anak dan remaja mengasah keterampilan koding untuk menghadapi revolusi industri 4.0 di Indonesia.

 Koding adalah sebuah instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini terdiri dari suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Fungsi utama dari bahasa pemrograman adalah untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah atau logika penyelesaian yang telah dibuat oleh programmer.

Berikut ini, ada beberapa aplikasi belajar coding untuk anak-anak yang bisa dicoba. Sila disimak!

 

Alice

Alice adalah platform yang memperkenalkan pemrograman 3D inovatif kepada anak-anak. Alice memungkinkan pengguna untuk membuat animasi sampai permainan interaktif yang sederhana.

Alice sangat mudah untuk digunakan. Anak-anak sebagai pengguna hanya perlu drag dan drop script ke area kerja untuk membuat sebuah program.

Script yang tersedia di Alice pun sudah sesuai dengan standar dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, seperti Java, C#, dan lain sebagainya.

 

 

Stencyl

Stencyl adalah aplikasi yang memungkinkan anak-anak untuk membuat permainan atau game sendiri. Mereka hanya perlu drag dan drop beberapa script yang disediakan ke dalam area kerja di layar utama.

Anak-anak juga dimungkinkan untuk mengetikkan kode secara manual. Menariknya, game yang dibuat di Stencyl bisa dimainkan di Android, iOS, Windows, sampai Mac.

 

Tynker

Tynker dirancang untuk membuat anak-anak dapat menuangkan ide kreatif mereka dalam membuat sebuah game. Platform pemrograman visual ini memudahkan anak-anak untuk drag dan drop script dan variabel yang ada ke area kerja, sambil melihat hasil karya mereka secara real-time di area yang sama.

Tynker sangat cocok dimanfaatkan oleh orang tua untuk melatih kreativitas dari buah hati mereka. Platform ini pun mempunyai tmapilan yang tidak membosankan, dan asyik untuk digunakan.

 

Hopscotch

Hopscotch yang bisa digunakan di perangkat iPad. Sama halnya, platform ini pun mengadopsi bahasa pemrograman visual yang mengasyikkan.

Anak-anak dapat diajarkan untuk mengasah kreativitas dan jalan pikiran mereka dengan menggunakan aplikasi ini, tanpa harus memiliki dasar penulisan kode program. Patut dicoba!