Apakah Coding Menyenangkan atau Membosankan?

Mengajukan pertanyaan seperti “apakah coding membosankan?” seperti bertanya “apakah berenang itu membosankan?” Jawabannya tergantung orangnya. Pengkodean bisa membosankan dan sulit bagi sebagian orang—tetapi sangat bermanfaat bagi orang lain.

Nah, itu sebabnya pertanyaan ini tidak bisa dijawab dengan pasti. Namun ada baiknya kita coba mengenal seperti apa sih coding itu?

Dasar-dasar Pengkodean

Apa itu pengkodean? Coding adalah proses penulisan instruksi untuk komputer. Ini seperti menulis daftar tugas dalam bahasa lain. Faktanya, ada lusinan bahasa pemrograman yang berbeda di luar sana.

Misalnya, pembuat kode menggunakan HTML dan JavaScript untuk membangun situs web. Swift adalah bahasa populer untuk pengembang aplikasi iOS. Dan Python, yah, cukup bagus untuk semuanya.

Pengembang menggunakan kode untuk membuat semuanya, mulai dari aplikasi kalkulator hingga seluruh sistem operasi. Smartphone, laptop, sistem infotainment dalam kendaraan, dan banyak komputer lain menggunakan kode.

Pemrogram dapat membuat hampir semua hal menggunakan kode. Setelah kamu memahami cara kerja pemrograman, kamu akan dapat membuat segala jenis perangkat lunak atau aplikasi.

Apakah Pemrograman Komputer Sulit Dipelajari?

Orang sering bertanya-tanya apakah pemrograman komputer sulit dipelajari. Ini pertanyaan yang masuk akal. Kalau kamu nggak punya pengalaman pemrograman, mungkin tampak cukup menakutkan.

Fakta yang mengejutkan, meskipun pengkodean mungkin kelihatan ribet, kebanyakan orang memahaminya dengan cepat. Dan begitu Anda mempelajari satu bahasa, akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa lain.

Tapi aku mencoba coding, dan itu tidak berhasil. Mengapa pengkodean begitu sulit?

Banyak orang mencoba coding, dan sangat mudah untuk berkecil hati sejak dini. Mungkin jugakamu tidak memiliki panduan yang tepat saat melakukan upaya pertama. Tapi kamu tidak sendirian! Pemrogram ahli yang tak terhitung jumlahnya melakukan beberapa upaya sebelum mereka menguasainya.

Apakah Ada yang Membuat Kode untuk sekadar  fun?

Ya! Banyak orang membuat kode untuk bersenang-senang, dan untuk berbagai alasan. Bagi sebagian orang, membangun aplikasi itu menyenangkan—hasilnya yang penting. Bagi yang lain, ini adalah proses menciptakan sesuatu yang berhasil.

Pengkodean bisa sangat menarik. Setiap baris kode, jika berhasil, menyebabkan sesuatu terjadi di konsol. Menyaksikan idemu terbentuk selangkah demi selangkah adalah hal yang menyenangkan. Dan perasaan setelah menemukan bug (dan memperbaikinya) sulit untuk ditiru.

Orang Seperti Apa yang Suka Coding?

Setiap orang dapat menikmati pengkodean. Namun, orang yang menikmati pemecahan masalah sering berkembang sebagai programmer. Dan meskipun kamu nggak harus memiliki ‘pikiran insinyur’ untuk melakukannya dengan baik, kamu akan menyukai pengkodean jika kamu juga suka membangun sesuatu.

Dalam dunia pemrograman, kamu akan menemukan seniman, musisi, insinyur, ahli mesin, pebisnis—hampir setiap jenis orang. Dan itulah salah satu hal terbaik tentang pengkodean: Siapa pun dapat melakukannya, dan setiap orang dapat membawa kekuatan unik mereka sendiri ke meja dan menciptakan sesuatu yang hebat.

Bagaimana saya bisa memulai Coding?

Pengkodean tidak sulit, tetapi menemukan tempat yang tepat untuk memulai bisa jadi. Tidak seperti banyak profesi terampil lainnya, kamu nggak memerlukan pendidikan mahal untuk memulai. Berkat internet, kamu dapat memulai dengan bahasa pengkodean apa pun secara gratis.

Sebagian besar pembuat kode memulai dengan buku, tutorial YouTube, atau sumber daya murah lainnya seperti kursus pengkodean gratis. Awalnya, ini adalah cara yang bagus untuk memulai karena membutuhkan investasi yang sangat sedikit (selain waktu).

Setelah keliatan hasilnya, beralihlah ke konten yang lebih canggih. Dan jika kamu berniat untuk berkarir di luar coding, mungkin ini saatnya untuk mencari program pendidikan coding profesional, seperti bootcamp coding.

Bootcamp pengkodean adalah sekolah intensif jangka pendek yang dirancang untuk membekali pemula dengan keterampilan yang dapat dipasarkan, dan melatih mereka untuk pasar kerja. Program-program ini, yang pertama kali muncul sekitar satu dekade lalu, kini telah terbukti dan mapan menuju karier teknologi.

Bootcamp nggak seperti berkuliah yang makan waktu bertahun-tahun, langsung ke intinya. Lulusan pergi dengan kemampuan pengkodean terkini dan relevan, dan beberapa program bahkan menawarkan jaminan pekerjaan. 

Kalau kamu bahkan sangat ingin tahu tentang pengkodean, kami sangat menyarankan kamu mencobanya.Kamu dapat mulai belajar dan melakukan coding secara gratis dan perhatikan, bagaimana coding dapat mengubah hidup kita!