5 Bahasa Pemrograman Paling Popular Hari Ini

by junior Eka Putro

5 Bahasa Pemrograman Paling Popular Hari Ini

Buat seorang developer, atau yang lagi belajar koding, bahasa pemrograman wajib dikuasai untuk menciptakan serta mengembangkan software pada aplikasi tertentu. Asal tahu aja, ada banyak bahasa pemrograman di dunia. Dan, untuk mengembangkan software, harus menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai dengan yang digunakan software tersebut.

Ada ratusan bahasa pemrograman yang ada di dunia. Namun,  tidak semua bahasa pemrograman wajib dikuasai oleh para developer. 

Biasanya para developer hanya perlu menguasai bahasa yang bisa digunakan untuk menciptakan serta mengembangkan aplikasi tertentu. Bagi kamu yang ingin belajar menjadi developer dan mengetahui bahasa pemrograman, di artikel ini Matahati coba memilihkan 5 Bahasa pemrograman yang paling popular hari ini. 

Apa saja? Kencangkan sabuk pengamanmu, kita akan mulai menjelajah! 

 

JAVA

 

Java adalah salah satu bahasa khusus untuk pemrograman yang dijalankan pada berbagai jenis platform, seperti perangkat mobile hingga perangkat komputer.

Bahasa ini dikembangkan pada tahun 1991 oleh The Green Project Sun Microsystem. Kabarnya, nama Java diambil oleh sang penemu yakni James Gosling yang sangat menyukai kopi tubruk murni dari Jawa, Indonesia.

Sebagai bahasa pemrograman yang sangat populer di dunia, Java mempunyai banyak kelebihan. Dia mampu berjalan di OS berbeda . Di samping itu, Java juga memiliki library sendiri sehingga bisa memudahkan programer.

 

C

 

Dikembangkan sudah sejak tahun 70-an dan dibuat oleh Dennis Ritchie. Bahasa C dianggap sebagai bapak dari bahasa pemrograman lain, karena menjadi dasar untuk mempelajari lebih lanjut bahasa lainnya seperti Java, C++, C# dan lainnya.

Pada zamannya, bahasa C sangat populer layaknya Java hari ini. C digunakan hampir di sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT. Singkatnya, seseorang tidak bisa belajar bahasa pemrograman lain sebelum belajar bahasa C.

 

PHP

PHP atau yang familiar dengan hypertext preprocessor adalah semacam bahasa pemrograman paling umum digunakan di Indonesia. Tidak hanya gratis, PHP umum dipakai karena berisikan server side scripting guna membangun web yang dinamis. Tidak heran jika Anda banyak menjumpai istilah ini di berbagai buku pemrograman.

Di samping itu, ada begitu banyak web populer yang juga menggunakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf ini. Misalnya, Facebook, Digg dan WordPress.  

 

VISUAL BASIC

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh microsoft. Bahasa khusus pemrograman ini menawarkan ide visual untuk pembuatan software khusus berbasis sistem operasi Windows. Bahasa pemrograman ini sendiri merupakan turunan dari bahasa pemrograman BASIC.

 

PYTHON

Pyton termasuk ke dalam kategori bahasa tingkat tinggi karena  mampu membangun aplikasi, baik itu dengan basis web hingga mobile sekalipun.  Python sangat mudah dipahami bagi pemula karena sangat gampang dibaca. Termasuk untuk memahami syntaxnya.

 Hingga sekarang terdapat begitu banyak perusahaan besar yang memakai bahasa Python untuk pengembangannya seperti Yahoo, Google dan NASA.

 

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X