5 Alasan Kenapa Industri Musik Amat Bergantung pada Pengembang Perangkat Lunak

by Junior Eka Putro

5 Alasan Kenapa Industri Musik Amat Bergantung pada Pengembang Perangkat Lunak

Fondasi industri musik tertanam kuat di landasan teknologi, dan proses digitalisasi yang tengah berlangsung punya implikasi besar bagi musisi, produser, dan konsumen musik. Berikut 5 alasan mengapa industri musik amat bergantung pada programmer perangkat lunak.

 

  1. AKSESIBILITAS

Ada saat ketika merekam album membutuhkan banyak waktu, uang dan outboard hardware equipment. Semisal pre-amp, kompresor, dan pita. Saat ini pasar dibanjiri dengan piranti lunak studio digital, yang memungkinkan setiap pemula memproduksi music sendiri.

 Standar industri Digital Audio Workstation (DAWs) Logic-Pro dan Pro-tools tersedia untuk dibeli dengan harga murah, menyediakan semua alat yang diperlukan untuk menulis, merekam, mencampur, dan menguasai lagu dalam satu paket. 

Di luar itu, ada banyak opsi lain yang nggak kalah dahsyat. Salah satunya adalah Ableton Live, yang digunakan oleh Daft Punk, Hot Chip, dan Mogwai.

 Buat yang nggak punya uang dan nggak peduli hukum, versi bajakan dari semua program ini dengan mudah tersedia melalui situs torrent. Intinya, berkat pengembangan piranti lunak untuk memproduksi musik, hasil rekam musisi meningkat secara eksponensial di satu dekade terakhir.

PRODUKSI

Secara komersial, DAW yang sudah disebutkan mulai ramah dengan piranti lunak tambahan yang disebut plug-in. Plug-in menawarkan manipulasi suara dalam hampir semua cara yang dapat dibayangkan melalui antarmuka pengguna yang mudah dipahami. Ini adalah tambang emas potensial bagi pengembang perangkat lunak pemula.

  1. PENJELAJAHAN MUSIK

Start-up pengembang perangkat lunak yang berpikir cepat di pertengahan tahun 2000-an mengamati bahwa pasar musik akan meledak beberapa tahun ke depan. Banyak musisi baru yang bisa memproduksi musik hanya di kamar tidurnya.

Layanan hosting musik online Soundcloud muncul sebagai pelopor dan sekarang memainkan peran besar dalam penemuan artis baru, tidak hanya oleh publik tetapi juga oleh label yang ingin menandatangani musik baru yang menarik.

 Merebaknya media sosial mengenalkan kita dengan banyak musik dan musisi baru. Dan munculnya platform digital seperti Spotify membuat kita bisa menjelajah musik tanpa batas. Dan memungkinkan label dan musisi memikirkan pola monetisasi baru di pasar musik digital.

 

  1. KREASI

Sejak awal waktu para seniman telah mencari cara untuk menciptakan suara baru dan menarik. Seringkali teknologi telah menjadi katalisator untuk lompatan keyakinan ini. 

 Dengan gitar listrik yang dulu ‘futuristik’ sekarang dianggap hampir neolitik oleh kebanyakan orang.

 Dalam beberapa tahun terakhir, kemunculan perangkat lunak pemrograman yang mudah tersedia untuk sintesis suara telah mengkatalisasi cara kerja beberapa seniman. Di antaranya memiliki dampak besar, terutama di antara seniman paling radikal yang ingin mendorong perubahan sejauh mungkin.

  1. DISEMINASI

Ketika industri musik (dengan enggan di beberapa bagian) mempersiapkan dirinya untuk meluncur sepenuhnya dari dunia nyata ke hiper-nyata, sangat masuk akal bahwa penjualan rekaman fisik turun dari tahun ke tahun. Di sisi lain, permintaan untuk layanan streaming online lebih tinggi dari sebelumnya.

 Contoh modern yang mendominasi media musik baru-baru ini adalah Tidal, layanan streaming yang digawangi Kanye West. Sejak peluncurannya, Tidal memiliki kebiasaan yang relatif lambat untuk layanan mereka, membuktikan bahwa bahkan kekuatan bintang memiliki pengaruh yang terbatas dalam hal orang yang memilih cara mendengarkan musik.

 Jadi saat revolusi digital terus mengembangkan cara membuat dan mendengarkan musik, akan lahir banyak platform baru yang menawarkan layanan yang sama. Mereka akan saling bersaing dan menyisakan yang kuat untuk bertahan.

 

Dengan pemikiran tersebut, artinya seorang coder akan terus memiliki peran dalam perkembangan masa depan musik.

 

 

 

 

STILL NOT SURE WHAT TO DO?
We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.
Form is not available. Please visit our contact page.
X